Arti kata Paradoks


aku nyari-nyari arti kata paradoks di wiki pedia dan sumpah ribet + berat banget bahasanya. udah baca berulang kali eh malah bikin otak kepelintir. jadi aku nyari yang lebih sederhana aja tapi ngena, ini dia:

Definisi Paradoks:

Pertama, paradoks adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran.

Kedua, paradoks adalah sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi.

Contoh Paradoks :

  • Pertama, ada seorang Kreta yang berteriak-teriak di tengah orang banyak bahwa semua orang Kreta adalah pembohong. Maka, apakah ia, yang juga orang Kreta, adalah pembohong? Kalau begitu, pernyataannya pun bohong. Jadi, tidak semua orang Kreta pembohong. Tapi kalau begitu, bisa jadi ia termasuk yang bukan pembohong, maka pernyataannya bisa-bisa benar bahwa semua orang Kreta pembohong, jadi ia mungkin saja pembohong, dan seterusnya.

 

Kedua :

(1) 10 x 0 = 0;

(2) 100x 0 = 0.

maka (1) = (2).
Jika begitu, 10 = 100?
Tetapi, 10 >< 100, maka ini tergolong paradoks.

  • Ketiga, bagaimana jika seseorang berangkat ke masa depan kemudian mengambil sebuah teori yang sudah terbukti pada jurnal XXX dari masa depan dan membawa pulang ke masa dia sendiri dimana teori itu belum dicetuskan kemudian mengajarkan pada salah satu muridnya. Kelak ketika muridnya dewasa, dia akan menuliskan jurnal XXX tersebut yang berisikan teori yang diajarkan oleh gurunya. Permasalahannya dari mana asal teori tersebut? Siapa yang menemukannya? Yang pasti bukan gurunya, karena ia mengambilnya dari masa depan dan juga bukan muridnya karena teori itu diajarkan oleh gurunya.
  • seorang cucu kembali ke masa lalu untuk membunuh kakeknya yang masih muda. maka sebenarnya si cucu dari awal tidak pernah ada jika kakeknya mati.

Yang saya sebutkan di atas adalah tiga paradoks terkenal yang sudah banyak dicatat di buku-buku Filsafat. Bukan hasil pemikiran sendiri :). Sebuah paradoks yang cukup unik adalah : Apakah Tuhan bisa membuat sebuah benda yang Ia sendiri tidak mampu mengangkatnya πŸ™‚

source: Yahoo answer

Advertisements

16 thoughts on “Arti kata Paradoks

  1. iseng2 mae kali aja ada FF baru, taunya gak ada :((
    tertarik baca ini.. awal mikir pusing banget contoh pertama.. kreta apaan sih? alat transfortasi yang jalan di rel itu? /plaaak
    aku paling paham contoh kedua dan ketiga.. jadi intinya pertanyaan paradoks itu sesuatu yang benar tapi juga tidak benar (?) ckck ribet haha
    lali fungsi kalimat paradoks itu apa saeng?? *buta pengetahuan* xD

    • kyaaaa eonni mianbaru bales -___-
      iya aku juga pertamanya nggak ngerti soal kereta itu ahaha, baca berulang kali baru ngerti deh jadi orang dari dalam kereta tereak “semua orang di dalam kereta pembohong” berarti dia juga pembohong dan yang dikatakanya juga bohong *ribet yak -___-
      aku sih pertama kali tertarik sama kata paradoks waktu ada suatu komen di yutub “didunia ini hanya ada satu yang abadi yaitu keabadian” kira2 begitulah kata2nya, awalnya bingung tapi lama kelamaan bener juga ya, kereeennnn πŸ˜€

  2. awalnya aku gangerti, tapi begitu masuk contoh kedua-ketiga baru ngerti. apaansih itu kreta kreta? awalnya kupikir maksudnya kereta atau sejenis suku bangsa gitu-_- /duak
    tapi ih, ternyata banyak juga hal-hal rumit kaya paradoks gini ya. dan mungkin ini termasuk paradoks juga ya unn? “tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.” tapi bagaimana kalau “tidak mungkin” sendiri itu “mungkin”? jadi adakah hal yang “tidak mungkin”? duh ribet amat sih==”
    great topic btw :3

    • ahh… sepertinya itu juga paradoks πŸ™‚
      paradoksal itu memang ribet dipahami.
      contohnya aja gini: “hanya satuhal yang abadi yaitu ketidak abadian”
      kalau yang kereta itu, bahasanya memang agak ribet. tapi yang mudahnya “kau di dalam kereta berteriak bahwa semua orang di dalam kereta itu berbohong, karena kau juga di dalam kereta maka kau pembohong juga. lalu berarti yang kau katakan juga bohong?” kira2 begitulah hehe

  3. Terkesima…. o.o Kereeeen. Saya sendiri agak bingung dengan masa depan dan masa lalu. Tapi, terima kasih atas infonya ini ya Kak! πŸ˜€ Sangat membantu para penulis muda dan amatir kayak saya untuk menambah kata-kata.

  4. ini termasuk juga ga chingu , misalnya ada satu keluarga yang lagi makan, trus ada salah satu dari mereka berbicara, trus kata bapaknya ” jangan berbicara selagi makan ” nah, sedangkan bapaknya kan lagi makan juga, dan tadi barusan juga berbicara, bener ga ?

  5. Pingback: definisi paradoks | Nikmat tuhan yang mana yang dapat kamu ingkari

  6. contohnya jg bisa gini ya “Didunia ini yg ada duluan ayam atau telur?” Jika ayam duluan ada harusnya ia terlahir dari telur kan? dan jika telur yg duluan ada, dari mana asalnya? ayam bukan? xD thx ya gegara contoh 3 itu jd bisa ngerti arti pradox terutama yg pertama.. >_<

  7. Menurut saya yang nomor “2” bukan paradox karna :
    (1) 10 x 0 = 0;
    (2) 100x 0 = 0.
    maka (1) = (2) adalah 0 karena disini yang kita ambil adalah HASIL.
    Lalu bagaimana dengan
    (1) 3 x 4 = 12
    (2) 6 x 2 = 2
    lalu apakah kita akan membandingkan 3 dan 6 atau 4 dan 2 ????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s